Implementasi Pembelajaran Nilai-nilai Islam Dalam Kegiatan Pramuka Di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Pembelajaran Nilai-nilai Islam Dalam Kegiatan Pramuka Di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran nilai-nilai lslam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan sebagaimana adanya tentang pembelajaran nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, dengan informan sebanyak 15 orang, sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka di MTs Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan beberapa hal penting pertama perencanaan implementasi pembelajaran nilai-nilai lslam melalui beberapa tahapan kedua. Pembelajaran nilai yaitu, pengorganisasian, pelaksanaan. pengembangan evaluasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka. penelitian nilai Islam. Ketiga, ini dimaksudkan untuk tujuan akademik dan sosial dengan harapan bahwa penelitian ini bermanfaat bagi seluruh komponen-komponen sekolah dalam mengembangkan lebih banyak program untuk membentuk karakter siswa dengan meningkatkan kembali sistim pendataan yang terkait dengan nilai-nilai guru memudahkan sekolah dalam memberikan informasi, para hendaknya dapat dijadikan contoh yang baik bagi siswa dan selalu bekerja sama dalam memajukan kegiatan pembelajaran nilai-nilai dalam pramuka. Kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu implementasi pembelajaran nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru cukup mampu menerapkan nilai-nilai Islam kepada siswa, hal ini terealisasi karena peran ketua majelis pembimbing gugus depan, wakil ketua majelis pembimbing gugus depan dan pembina pramuka dalam Pembelajaran nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka dikategorikan baik.