Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru
Main Author: | Suhendri Andeska, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2387/1/2012_2012480%20.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2387/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTsN Bukit Raya Pekanbaru melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTsN Bukit Raya Pekanbaru melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME)?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Bukit Raya Pekanbaru yang berjumlah 35 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 41,71 sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 60,57 siklus II 73 dan siklus III 80,56. Dari data yang dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.