PENERAPAN STRATEGI TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN AKTVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL IKHWAN PEKANBARU

Main Author: Faisal Juffri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2385/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2385/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi team quiz dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhwan Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan strategi team quiz dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhwan Pekanbaru? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Team Quiz untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi sebelum penerapan strategi Team Quiz, aktivitas belajar siswa diperoleh 49.40%, angka ini berada pada interval 40% - 55%. Interval ini berada pada kategori “Rendah”. Kemudian berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama pertemuan pertama yang menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mencapai dengan 57,74%, angka ini berada pada interval 56% - 75%. Interval ini berada pada kategori “Cukup”. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 67.26%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama terjadi peningkatan mencapai aktivitas belajar siswa diperoleh 75.00% dan meningkat pada pertemuan kedua siklus II dengan persentase 86.90%, angka ini berada pada interval 76%-100%. Interval ini berada pada kategori “Baik”. . Kata Kunci : Strategi Team Quiz, Aktivitas Belajar Siswa