PENERAPAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU
Main Author: | Evi Selvia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2382/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/7/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/8/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2382/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan penerapan strategi pyhsical self-assessment di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pyhsical self-assessment untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus 2 kali pertemuan, pengambilan data pada penelitian ini dengan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif Berdasarkan hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Pada sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 51,14% atau 18 orang siswa yang tuntas, dan 17 orang siswa atau 48,57% yang belum tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 orang atau ketuntasan hanya mencapai 57,14%. pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 28 orang siswa atau dengan persentase 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pyhsical self assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Kata Kunci :Strategi pembelajaran Physical Self-Assessment, hasil belajar siswa