Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman konsep diri dengan motivasi belajar siswa . Penelitian ini bersifat korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan objeknya adalah hubungan pemahaman konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya UK Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 277 orang, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel dengan mengguankan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data tersebut dianalisis secara korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Setelah melakukan penelitian penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan dari pemahaman konsep diri dengan motivasi belajar siswa di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya UK Pekanbaru, dengan mengetahui bahwa rxy > rt = 0,429 > 0,159 pada taraf signifikan 5 % tolak Ho terima Ho , sedangkan pada rxy > rt = 0,429 > 0,208 pada taraf signifikan 1 % tolak Ho . Ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Artinya semakin positif pemahaman konsep diri siswa maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa.