PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Dewinta Putri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2373/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2373/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih tergolong rendah dan sangat jauh dari hasil yang diharapkan, hal tersebut dapat dilihat dari gejala- gejala yang terjadi di kelas, yakni Hasil Ulangan Harian, dari 28 siswa hanya 12 siswa atau 42,9 % yang telah mencapai nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, dan 16 siswa atau 57,1 % tidak mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui strategi Pembelajaran Mandiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Pembelajaran Mandiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 001Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Pembelajaran Mandiriuntuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisa data dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 42,9% atau 12 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 16 orang atau ketuntasan mencapai 57,1%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 22orang siswa atau dengan persentase 78,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi Pembelajaran Mandiridapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Penerapan, Strategi Pembelajaran Mandiri, Hasil Belajar