PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Author: | Devita Sari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2371/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2371/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir sehingga Penulis memberikan solusi kepada guru untuk menerapkan strategi pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran inquiry dengan kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi materi uang dan perbankan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Design With Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini, Penulis berperan sebagai observer sedangkan guru yang menerapkan strategi pembelajaran tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dan objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemandirian belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi materi uang dan perbankan. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan, yaitu satu pertemuan dilaksanakan uji coba angket, empat kali pertemuan dengan strategi pembelajaran inquirydan satu pertemuan dilaksanakan postest. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh hasil uji tes t dengan nilai thitung sebesar 4,32 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu sebesar 2,00 dan 2,65 atau (2,00 < 4,32> 2,65) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran inquiry dengan kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensioanl pada mata pelajaran Ekonomi materi Uang dan Perbankan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dengan perbedaan mean pada kelas eksperimen sebesar 84,61 dan mean pada kelas kontrol sebesar 76,71. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inquiry, Kemandirian Belajar Siswa