Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2013-2015 yang berjumlah 123 perusahaan. Setelah dilakukan penelitian, terdapat 24 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang diteliti diperoleh dari situs BEI yaitu www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan analisis Regresi Logistik dan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Services Solution) versi 20. Berdasarkan hasil perhitungan, penelitian ini membuktikan bahwa pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing, dengan nilai signifikansi pajak sebesar pajak sebesar 0,046 yang kurang dari 0,05, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Nilai signifikan tunneling incentive sebesar 0,039 yang kurang dari 0,05, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dan nilai mekanisme bonus sebesar 0,007 yang kurang dari 0,05, maka dapat dikatakan hipotesis diterima. Kata kunci: Transfer Pricing, Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus.