PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ‘ULUM PANTAIRAJA JL PEKANBARU-TELUK KUANTAN KM 22,5 KAMPAR

Main Author: Darma Sari Simatupang,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2366/1/2012_2012441.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2366/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan metode pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Bahrul ‘Ulum. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Bahrul ‘Ulum?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Bahrul ‘Ulum yang berjumlah 148 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B yang berjumlah 25 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII.A yang berjumlah 25 orang (sebagai kelas kontrol). Berdasarkan analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick, berdasarkan perbandingkan thitung dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% (2,03 > 1,714), dengan demikian hipotesis nihil yang menyatakan tidak terdapat pengaruh pada hasil belajar Matematika siswa setelah digunakannya metode pembelajaran Talking Stick ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bahrul ‘Ulum Pantairaja setelah menggunakan metode pembelajaran Talking Stick, dengan pengaruh sebesar 15%. Kata Kunci : Metode pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar