Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru

Main Author: Delasia, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23650/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23650/2/SKRIPSI%20DELASIA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23650/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe learning together dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru tahun pelajaran 2019-2020. Jumlah populasi 146 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel yang diambil dengan memilih 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe learning together dan kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 2 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, pengambilan sampel tersebut dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan informasi dari guru bahwa tidak memiliki perbedaan kemampuan yang signifikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis uji-t dari skor hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar 2,534 > nilai t tabel sebesar 2,002 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe learning together dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (posttest) pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Tipe Learning Together, Hasil Belajar Siswa