PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP AKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | WITHA HANDAYANI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2362/1/2012_2012427.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2362/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode resitasi terhadap aktivitas proses pembelajaran dan untuk mengetahui besar pengaruh metode resitasi terhadap aktivitas proses pembelajaran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh metode resitasi terhadap aktivitas proses pembelajaran? Berapa besar pengaruh metode resitasi terhadap aktivitas proses pembelajaran? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kampar Utara yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah aktivitas siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi siswa yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu satu pertemuan dilaksanakan sebelum tindakan dan empat kali pertemuan dengan menggunakan metode resitasi. Rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh aktivitas siswa dan untuk besarnya peningkatan koefisien pengaruh (Kp). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh aktivitas yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode resitasi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan aktivitas siswa meningkat 85%.