PENGARUH PEMBELAJARAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MASMUR PEKANBARU”

Main Author: AULIYA ROZA RAHMI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2361/1/2012_2012420.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2361/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh yang positif pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Masmur Pekanbaru yang berjumlah 81 orang, sebagai sampel kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan satu pertemuan lagi dilaksanakan tes kemampuan pemecahan masalah metematika siswa. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakan rumus tes-t dan dilanjutkan dengan uji Kp. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tersebut adalah sebesar 45,79 %.