Strategi Promosi Produk Pembiayaan Mudharabah Terhadap Usaha Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri

Main Author: Gustia Anggraini, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23585/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23585/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23585/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Gustia Anggraini, (2019): Strategi Promosi Produk Pembiayaan Mudharabah Terhadap Usaha Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri. Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang atau perseorangan dan badan usaha perseorangan yang mempunyai kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang. Dalam proses memasarkan pembiayaan mudharabah terhadap usaha mikro tidak selalu berjalan lancar, karena pembiayaan mudharabah kurang diminati oleh calon nasabah dan calon nasabah masih banyak yang belum mengetahui tentang pembiayaan mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi produk pembiayaan mudharabah terhadap usaha mikro dan untuk mengetahui apa hambatan yang dihadapi oleh Bank Syariah Mandiri cabang Duri dalam mempromosikan produk pembiayaan mudharabah terhadap usaha mikro. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri yang beralamat di Jl. Hangtuah kelurahan Balai Makam Kecamatan Mandau, Bengkalis. Informan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 4 orang, yaitu bagian Adm Mikro, Adm Marketing, Mitra Mikro. Analisis data dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan sumber data yang ada pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi promosi pembiayaan mudharabah, Pertama dengan metode door to door, manfaatkan media yang ada seperti radio, brosur, pemasangan spanduk, menjadi sponsor dalam sebuah acara, Kedua dengan strategi produk, dan Ketiga strategi tempat. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam mempromosikan, yaitu kurang atau minimnya pengetahuan para calon nasabah, calon nasabah tidak memiliki jaminan, dan adanya bank pesaing yang memiliki produk sejenis dengan produk pembiayaan warung mikro. Kata kunci: Strategi Promosi, Pembiayaan Mudharabah, Usaha Mikro