Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru

Main Author: Dede Kurnia Ningsih, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23577/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23577/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20OV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23577/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dede Kurnia Ningsih, (2019): Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa sedangkan persepsi siswa terhadap mata pelajaran tersebut cukup baik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial sebanyak 3 kelas yang berjumlah 107 siswa. Mengingat populasi terlalu banyak, maka peneliti mengambil sampel dari populasi tersebut sebanyak 84 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji tes “r" dengan membandingkan r hitung dengan r tabel, Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rhitung ≥ rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% ( 0,213<0,697>0,278) yang berarti adanya pengaruh terhadap prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Adapun besarnya kontribusi pengaruhnya dicari menggunakan rumus R Square yang diperoleh sebesar 48,6 % sedangkan sisanya sebesar 51,4 % dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Pengaruh Persepsi Siswa , Prestasi belajar