Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Republik Indonesia Pekanbaru

Main Author: Julyannissa Pratiwi, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23544/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23544/2/GABUNGAN%20KECIALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23544/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Julyannissa Pratiwi, (2019) : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Republik Indonesia Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Survey. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru dengan objek penelitian adalah pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dilanjutkan dengan uji test “r”. Berdasarkan hasil data diperoleh hasil uji test “r” dengan membandingkan rhitung dengan rtabel, dimana didapatkan rhitung > rtabel (0,213<0,697>0,278). Persentase sumbangan pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 47,9%, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Kata Kunci : Media Pembelajaran Visual – Hasil Belajar siswa