PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELASVIII MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | ELVIRA IDAMAN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2352/1/2012_2012385.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2352/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru dan untuk mengetahui besar pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru dan berapa besar pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan design Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 255 orang, yang terdiri dari 8 kelas. Objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan selama enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan satu kali pertemuan diadakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan besar pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah 12.2%.