PAYA PENERAPAN STRATEGI MEMPRAKTIKKAN MATERI YANG DIAJARKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

Main Author: ROPIKA, 11318204091
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23488/1/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23488/2/GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23488/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ropika, (2019): Upaya Penerapan Strategi Mempraktikkan Materi Yang Diajarkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi mempraktikkan materi yang diajarkan di kelas V Sekolsh Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi mempraktekkan materi yang diajarkan dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahuai bahwa trategi mempraktekkan materi yang diajarkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase sebelum tindakan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 64,43% dengan ketuntasan klasikal 40,62% atau tergolong “kurang”. Kemudian setelah menerapkan strategi mempraktekkan materi yang diajarkan pada siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 71,25% dengan ketuntasan klasikal 59,73% atau tergolong “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata 79,68% dengan ketuntasan klasikal 84,38% atau tergolong “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya penerapan trategi mempraktikkan materi yang diajarkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata kunci : strategi mempraktikkan materi yang diajarkan, hasil belajar siswa,ilmu pengetahuan alam