PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS
Main Author: | Siti Marwati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2348/1/2012_2012363.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2348/ |
ctrlnum |
2348 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2348/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
(PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
MTsN SELATBARU BENGKALIS</title><creator>Siti Marwati, </creator><subject>500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Bengkalis setelah penerapan
model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok
bahasan Lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based
Learning) pada pokok bahasan lingkaran?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan
langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik
dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran
mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Tahun Ajaran
2011/2012 yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan
aktivitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis
masalah (Problem Based Learning).
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali
pertemuan tanpa tindakan dan 3 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh
melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada
peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis
dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan
sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut,
dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus
yang dilaksanakan.
Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, siklus II
dan siklus III berturut-turut diperoleh (36% ; 63% ; 73%; 80.42%) siswa yang
mencapai ≥80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru terjadi pada proses
pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III yaitu setelah penerapan model
pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan
Lingkaran.</description><date>2012-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2348/1/2012_2012363.pdf</identifier><identifier> Siti Marwati, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU. </identifier><recordID>2348</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Siti Marwati, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
(PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
MTsN SELATBARU BENGKALIS |
publishDate |
2012 |
topic |
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/2348/1/2012_2012363.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2348/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Bengkalis setelah penerapan
model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok
bahasan Lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based
Learning) pada pokok bahasan lingkaran?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan
langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik
dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran
mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Tahun Ajaran
2011/2012 yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan
aktivitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis
masalah (Problem Based Learning).
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali
pertemuan tanpa tindakan dan 3 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh
melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada
peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis
dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan
sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut,
dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus
yang dilaksanakan.
Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, siklus II
dan siklus III berturut-turut diperoleh (36% ; 63% ; 73%; 80.42%) siswa yang
mencapai ≥80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru terjadi pada proses
pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III yaitu setelah penerapan model
pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan
Lingkaran. |
id |
IOS7815.2348 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821887151046656 |
score |
17.538404 |