PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS

Main Author: Siti Marwati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2348/1/2012_2012363.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2348/
ctrlnum 2348
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2348/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH&#xD; (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA&#xD; MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR&#xD; MATEMATIKA SISWA KELAS VIII&#xD; MTsN SELATBARU BENGKALIS</title><creator>Siti Marwati, </creator><subject>500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar&#xD; matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Bengkalis setelah penerapan&#xD; model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok&#xD; bahasan Lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah&#xD; peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru&#xD; dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based&#xD; Learning) pada pokok bahasan lingkaran?&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan&#xD; langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik&#xD; dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran&#xD; mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam&#xD; penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Tahun Ajaran&#xD; 2011/2012 yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan&#xD; aktivitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis&#xD; masalah (Problem Based Learning).&#xD; Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi&#xD; aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali&#xD; pertemuan tanpa tindakan dan 3 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh&#xD; melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada&#xD; peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis&#xD; dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan&#xD; sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut,&#xD; dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus&#xD; yang dilaksanakan.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, siklus II&#xD; dan siklus III berturut-turut diperoleh (36% ; 63% ; 73%; 80.42%) siswa yang&#xD; mencapai &#x2265;80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar&#xD; matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru terjadi pada proses&#xD; pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III yaitu setelah penerapan model&#xD; pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan&#xD; Lingkaran.</description><date>2012-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2348/1/2012_2012363.pdf</identifier><identifier> Siti Marwati, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU. </identifier><recordID>2348</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siti Marwati,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS
publishDate 2012
topic 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
url http://repository.uin-suska.ac.id/2348/1/2012_2012363.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2348/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Bengkalis setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan Lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan lingkaran? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan tanpa tindakan dan 3 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut diperoleh (36% ; 63% ; 73%; 80.42%) siswa yang mencapai ≥80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru terjadi pada proses pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III yaitu setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan Lingkaran.
id IOS7815.2348
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:35Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:35Z
recordtype dc
_version_ 1674821887151046656
score 17.538404