Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Main Author: Putri Angraeni, 11516202478
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23445/1/BAB%20IV%20UPLOAD.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23445/2/UPLOAD%20PUSTAKA%20UNIV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23445/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Putri Angraeni, (2019) : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran problem based learning dengan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah pengaruh antara penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 66 siswa yang dijadikan sebagai kelas eskperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t. Berdasarkan hasil analisis uji t dari skor nilai siswa (posttest) pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel atau 4,4137 > 1,699 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Kata kunci: Problem Based Learning dan Kemampuan Berfikir Kritis