Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang
Main Author: | Dhollah Maharani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23430/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23430/2/SKRIPSI%20DHOLLAH%20MAHARANI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23430/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dhollah Maharani, (2019) : Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan strategi giving question and getting answer dengan pemahaman siswa yang belajar menggunakan strategi konvensional pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objeknya adalah penerapan pembelajaran giving question and getting Answer terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tambang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa uji tes t yaitu thitung> ttabel pada taraf signifikan 1% diperoleh ttabel sebesar 2,00 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 2,65. Dengan thitung sebesar 5,536 berarti lebih besar dari ttabel baik taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% (2,00 < 5,536> 2,65) maka Ha diterima sedangkan Ho di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa yang belajar menggunakan strategi giving question and getting answer dengan pemahaman siswa yang belajar menggunakan strategi konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel X terhadap Y diketahui dari Koefesien Determinasi (Rsquare) sebesar 0,823. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman belajar siswa (Y) dipengaruhi sebesar 82,3% oleh startegi pembelajaran giving question and giving answer, sedangkan sisanya (100% - 82,3% = 17,7%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Startegi Pembelajaran, Giving Question and Getting Answer