Hubungan Keaktifan Berdiskusi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota

Main Author: Rizky Novriadi,, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23409/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23409/2/UPLOAD%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23409/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rizky Novriadi, (2019): Hubungan Keaktifan Berdiskusi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keaktifan berdiskusi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih adanya siswa yang belum tuntas mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), adanya siswa yang tidak menyelesaikan tugas yang diberikan gurunya, dan sebagian siswa yang bermain saat diskusi berlangsung. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif Ekspofakto. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 132 siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hubungan antara keaktifan berdiskusi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi sebesar (0,340) sedangkan nilai r dengan df = 97 pada α 5% (2-tailed) sebesar 0,202 dan 1% sebesar (0,263). Dengan demikian diketahui r hitung (0,340) > r tabel 1% (0,263) > r tabel vii tabel 5% (0,202). Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Keaktifan Berdiskusi dan Hasil belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Kata kunci : Keaktifan Berdiskusi, Hasil Belajar