PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Asmuliadi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2340/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2340/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tandun, Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMA Negeri 1 Tandun Kab. Rokan Hulu. Objek penelitiannya adalah pengaruh pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA N 1 Tandun Kabupaten Rokan Hulu, yang terdiri dari 3 lokal dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 52 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% sebesar 0,306 atau (0,273< 0,543> 0, 354). Besarnya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah 29,5% sedangkan sisanya sebesar 70,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.