Pengaruh Sikap Guru Ekonomi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur
Main Author: | Rahmadani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23380/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23380/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23380/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahmadani, (2019): Pengaruh Sikap Guru Ekonomi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan antara sikap guru ekonomi terhadap aktivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap guru ekonomi yang sudah baik, namun aktivitas belajar siswa belum maksimal diantaranya siswa kurang mau memberi tanggapan dan bertanya kepada guru pada saat pembelajaran, siswa kurang mau menjawab ketika guru memberikan pertanyaan dan masih ada sebagian siswa yang tidak mau meringkas materi pelajaran yang telah disampaikan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat penelitian ini yaitu di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh sikap guru ekonomi dan aktivitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 348 orang siswa dengan jumlah sampel 186 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan, dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5% (0.670 > 0.194) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara sikap guru ekonomi terhadap aktivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Kata Kunci: Sikap Guru, Aktivitas Belajar.