Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru

Main Author: Debi Septi Ananda, 11516202151
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23357/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23357/2/SKRIPSI%20DEBI%20SEPTI%20ANANDA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23357/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Debi Septi Ananda (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalahNonequivalent Control Group Design.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru dengan objek penelitian adalah pengaruh penerapan model pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dilanjutkan dengan uji test “t”. Berdasarkan hasil penelitian analisis data diperoleh hasil uji test “t” dengan membandingkan t_hitung dengan t_tabel, dimana didapatkan t_tabelpada taraf signifikan 5% sebesar 1,671 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 2,381. Maka disimpulkan bahwa t_hitung>t_tabel (1,671< 5,8975 > 2,381), yang berarti H_aditerima dan H_o ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Berpikir Kritis siswa