PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL WASI’AH SIMALINYANG KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Ernita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2331/1/2011_2011655.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2331/ |
Daftar Isi:
- Metode Kolaboratif sangat besar manfa’atnya bagi siswa karena metode Kolaboratif menekankan adanya kerja sama, partisipasi anggota kelompoknya, saling tukar pendapat, tanya jawab, berbagi pengalaman dan pengetahuan, dan merangsang siswa untuk berpikir. Namun dari pengamatan awal yang penulis temukan di lapangan sebagian siswa enggan berpartisispasi dalam kelompoknya dan malas berpikir. Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MTs Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fiqih MTs Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar dengan populasi yang berjumlah 2 orang dan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kolaboratif dalam proses pembelajaran fiqih, sedangkan tehnik pengumpulan data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MTs Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar adalah kurang optimal dengan angka persentase 67,5% dan di dukung oleh wawancara dan dokumentasi, dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kolaboratif dalam proses pembelajaran fiqih adalah waktu, media, keaktifan siswa, serta guru fiqih sendiri.