PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU

Main Author: ADE YULINDA SARI, 11316201266
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23308/1/cover%2Bbab1.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23308/2/BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23308/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ade Yulinda Sari, (2019) : Pengaruh Penggunaan Variasi Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru? Serta tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Dan untuk populasinya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru yang terdapat 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 521 siswa. Dengan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling, yaitu pertimbangan penelliti mengambil sampel yakni pada kelas XI, sehingga sampel penelitian ini adalah sebanyak 41 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh variasi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru, hal ini ditunjukan dengan hasil rhitung yakni 0,705 bila di bandingkan dengan rtabel yakni pada df=41-2=39 pada taraf signifikan 5% yakni 0,316 sedangkan 1% yakni 0,408, maka dapat dikatakan bahwa rhitung lebih besar dibandingkan rtabel (0,408<0,705>0,316) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Adapun besar pengaruhnya yakni 49,5% tergolong sedang sedangkan sisanya 50,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Variasi Media Pembelajaran, Motivasi Belajar