STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERFIKIR RASIONAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ANWARUL ULUM MUGOMULYO KM. 10 KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Faid Husnaini,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2325/1/2011_2011601.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2325/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui strategi guru aqidah akhlak dalam menerapkan keterampilan berfikir rasional siswa di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Ulum Mugomulyo Km. 10 Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru aqidah akhlak dalam menerapkan keterampilan berfikir rasional siswa di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Ulum Mugomulyo Km. 10 Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek penelitian ini adalah semua guru studi aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Ulum dengan jumlah guru sebanyak 2 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah stretegi guru aqidah akhlak dalam mengembangkan keterampilan berfikir rasional siswa di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Ulum Mugomulyo Km. 10 Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Mei 2011 mata pelajaran yang diteliti adalah Aqidah Akhlak. Teknik pengumpulan data ada 3 Observasi, Angket, dan Wawancara. Dengan menggunakan rumus: P = 100 FN %. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil observasi terhadap guru dengan alternative jumlah jawaban “YA” diperoleh 62 atau dapat dipersentasekan 62%, sedangkan hasil angket terhadap guru didapat nilai 67,13%. Berdasarkan hasil presentase nilai diatas bahwa strategi guru aqidah akhlak terhadap 2 orang guru studi aqidah akhlak tersebut digolongkan ‘Cukup Baik’ karena berada antara 56 % - 75 %.