Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar
Main Author: | Reni Yulianti, 11516202120 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23212/1/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23212/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23212/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Reni Yulianti, (2019): Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Subjek penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 sampai XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar yang berjumlah 131 orang dan penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Slovin dengan sampel sebanyak 99 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% atau (0,195 < 0,578 > 0,256) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Besarnya pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar sebesar 33,4% sedangkan sisanya sebesar 66,6% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dibahas dipenelitian ini. Kata Kunci: Kepercayaan Diri – Hasil Belajar