IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MA’ARIFIYAH PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Evi Listiana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2321/1/2011_2011548.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2321/ |
Daftar Isi:
- Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah bagaimana menyampaikan pesan – pesan kurikulum kepada peserta didik untuk membentuk kompetensi mereka sesuai dengan karakteristik dan kemampuan masing – masing. Tugan guru dalam implementasi KTSP adalah bagaimana memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, agar mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan eksternal sehingga terjadi perubahan perilaku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah tekhnik deskriptif kualitatif dengan persentase, dan penulis menggunakan rumus : F P = ‒ × 100% N Keterangan : P = Angka Persentase F = Frekuensi yang sedang di cari N = Jumlah Frekuensi Adapun hasil penelitian Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan dikategorikan Baik, hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh adalah sebesar 76,4% dan berada antara 75 – 100%. Sedangkan faktor – faktor yang mempengaruhi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran Fiqih adalah latar belakang pendidikan guru, pengalaman guru, pengawasan dari kepala madrasah.