Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru

Main Author: Widia Erma, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23184/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23184/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23184/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Widia Erma, (2019): Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kewibawaan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu kewibawaan guru sebagai variabel independen dan kedisiplinan belajar siswa sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Penulis memilih sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Ada 56 siswa sebagai sampel dari 276 siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan angket. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus Pearson product moment dihitung dengan menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan analisis, nilai sig. adalah 0,000. Hal ini dapat dinyatakan bahwa 0,000<0,05 maka Ha diterima. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kewibawaan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata kunci: Kewibawaan, Kedisiplinan siswa