Pengaruh Penerapan Strategi (Numered Head Together) terhadap Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar
Main Author: | Rafiki Hidayat, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23168/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23168/2/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23168/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rafiki Hidayat, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi (Numered Head Together) terhadap Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kepala bernomor (Numered Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Jenis penelitian ini adalah Exsperimental Class Research dan eksperimen ini menggunakan Intact-Group Comparison. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest dan Postest, Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kabupaten Kampar yang dilaksanakan bulan September, Oktober dan November 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Darussakinah yang berjumlah 235 orang dan sampelnya siswa kelas VIII yang berjumlah 54 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis soal, analisis data awal, analisis data akhir yaitu dengan menggunakan rumus test âtâ. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Mean antara hasil Postest kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kepala bernomor (Numered Head Together) sebesar 82,407 dan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional adalah 70,926. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran kepala bernomor (Numered Head Together) terhadap hasil belajar Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar dengan t hitung = 4,772 lebih besar dari t tabel =1,675 pada taraf yang signifikan 5 %. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kepala Bernomor (Numered Head Together)