KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: IZAR EFENDI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23115/1/IZAR%20EFENDI%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23115/2/BAB%204%20IZHAR%20EFENDI%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23115/
Daftar Isi:
  • Tesis ini merupakan penilitian kualitatif diskriptif. Metode pengimpulan data data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek penelitian yaitu Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Tempuling, yang berjumlah 2 orang. Data dikumpulkan dengan mengghunakan teknil observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang sudah terkumpul dianalisa dengan menggunakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara serta membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil penelitian ini menunjukkan Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir, yaitu dengan memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran yang baik, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki guru. Senantiasa berusaha menyelasaikan tugas-tugasnya dengan tepat waktu. Menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, dengan ikut serta dalam kegiatan masyarakat diskitar sekolah. Menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai, sehingga suasana dilingkungan sekolah terasa hangat dan nyaman. Bekerjasama dengan tim manajemen, dengan cara saling berbagi tugas. Mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai ketentuan yang telah ditentukan. Mengorganisasikan kegiatan dengan membentuk struktur organisasi. Mengkoordinasikan kegiatan kepada semua guru. Melaksanakan pengawasan terhadap semua kegiatan disekolah uang dipimpinnya. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan, dan hasil evaluasi digunakan untuk menentukan kebijakan pada masa mendatang. Mengadakan rapat setiap awal tahun ajaran dan pada waktu-waktu tertentu bila dibutuhkan. Mengambil keputusan berdasarkan hasil musyawarah. Mengatur proses belajar mengajar melalui guru. Mengatur administrasi ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana dan prasarana, keuangan/RAPBS melalui kegiatan musyawarah. Mengatur organisasi siswa intra sekolah (OSIS) melalui guru yang dipercayakan sebagai pembina dan mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait, melalui organisasi komite sekolah dan kerjasama lainnya. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen, Berbasis, Sekolah.