Pengaruh Pelaksanaan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Perencanaan Pembelajaran Guru PAI Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Se Kota Pekanbaru
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan bahwa guru sertifikasi yang sejatinya memiliki kinerja secara maksimal ternyata belum sesuai dengan harapan. Hal tersebut dapat dilihat dari studi pendahuluan beberapa guru sertifikasi Pendidikan Agama Islam (PAI) belum mampu membuat perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan melaksanakan penilaian pembelajaran secara baik terutama pada SLTA di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di SLTA (SMA/ SMK) se Kota Pekanbaru dengan sampel populasi 59 orang guru sertifikasi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa corelational. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara analisis korelasi sederhana. Hipotesis yang pertama dan kedua adalah untuk menguji pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat dengan menggunakan teknik analisis data product moment. Hasil penelitian pertama, menunjukkan bahwa kedua variabel penelitian menyebar mengikuti sebaran normal dan terdapat korelasi yang signifikan antara pelaksanaan sertifikasi guru terhadap kinerja perencanaan pembelajaran guru PAI SLTA se Kota Pekanbaru sebesar 0,621 dengan kekuatan pengaruh antara kedua variabel adalah sebesar 38,6 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pelaksanaan sertifikasi guru mempunyai pengaruh terhadap kinerja perencanaan pembelajaran guru PAI SLTA se Kota Pekanbaru. Kedua, menunjukkan bahwa kinerja perencanaan guru PAI SLTA se Kota Pekanbaru tidak hanya dipengaruhi oleh pelaksanaan sertifikasi guru namun juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.