ANALISIS HUBUNGAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU DAN PEMILIHAN METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN RUMPUN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU
Main Author: | SRI INDAH SAKINAH, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23036/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23036/3/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23036/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sri Indah Sakinah (2019): Analisis Pengalaman Mengajar Guru dalam Pemilihan Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengalaman mengajar guru dalam pemilihan metode pembelajaran pada mata pelajaran rumpun ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendati pun guru memiliki pengalaman yang memadai namun masih ada guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah pemilihan metode pembelajaran oleh guru berdasarkan pengalaman mengajarnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dengan masa kerja ≥10 tahun tapi jarang mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan pembelajaran cenderung menggunakan metode pembelajaran ceramah, diskusi, dan tanya jawab saja sedangkan guru dengan masa kerja ≥10 tahun dan <10 tahun namun sering mengikuti pendidikan dan pelatihan menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi. Kata Kunci; Pengalaman Mengajar, Metode Pembelajaran