SISTEM REKOMENDASI PRODUK PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED DAN COLLABORATIVE FILTERING
Main Author: | RIDHO ADE PUTRA, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23035/1/v1%20Lengkap%20Tanpa%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23035/2/BAB%20V%20WATERMARKED.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23035/ |
Daftar Isi:
- Pengguna internet yang terus meningkat mengakibatkan data yang terus bertambah. Lonjakan data tersebut menjadi masalah baru bagi pengelola E-commerce atas produknya yang dikhawatirkan tidak terlihat oleh customer. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan penerapan sistem rekomendasi. Sistem rekomendasi dapat menampilkan item yang relavan pada user. Sistem rekomendasi juga perlu dilihat penerapannya. Jika dilihat dari permasalahan E-commerce yang ingin menampilkan produk yang relavan untuk customer, maka salah satu metode yang dapat diterapkan adalah Content Based yang dipadukan dengan Collaborative Filtering, karena aspek yang menjadikan produk tersebut direkomendasikan bukan hanya berdasarkan kemiripan konten, melainkan juga berdasarkan aktifitas user seperti memberi rating, melihat produk hingga membelinya. Data yang digunakan untuk penelitian ini berjumlah 400 data produk yang terdiri dari kategori fashion, elektronik, obat & kosmetik, kamera, rumah tangga yang diambil dari berbagai E- commerce Indonesia, serta aktivitas 10 orang pengguna untuk mendapatkan data aktivitas. Namun, dengan menggunakan 10 pengguna tidak begitu mendapatkan akurasi yang baik yaitu hanya sebesar 66%.