Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Tanah Putih
Main Author: | Kurnia Tanila, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23016/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23016/2/SKRIPSI%20KURNIA%20TANILA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23016/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kurnia Tanila , (2018) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Tanah Putih. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan Efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem koordinat .Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 3 Tanah Putih di Rokan Hilir. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tanah Putih tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 3 Tanah Putih. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis model Project Based Learning serta kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis model Project Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis model Project Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (91,45%) dan sangat praktis (92,05% untuk kelompok kecil dan 91,91% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai t_hitung sebesar 3,2713 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,021 maka t_hitung>t_tabel atau 3,2713>2,021, sehingga h_a diterima dan h_0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh 61,70 dan kelas kontrol memperoleh 49,18. Hal tersebut menunjukkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis model Project Based Learning ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Project Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis.