PENGARUH MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU
Main Author: | SITI HIDAYATI, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23015/1/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23015/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23015/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Siti Hidayati, (2019): Pengaruh Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan multimedia terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Dengan dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian korelasi product moment dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek penelitian ini adalah multimedia terhadap minat belajar siswa. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling berjumlah 175 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sebelum digunakan untuk memperoleh data angket diuji coba terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan uji relibialitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, mengubah data ordinal ke interval, uji linieritas, dan regresi linier. Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara multimedia terhadap minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari rhitung> rtabel (0,148<0,671>0,194) dimana persentase pengaruh multimedia adalah sebesar 45,1% sedangkan sisanya sebesar 54,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kata kunci: Multimedia – Minat Belajar