Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru

Main Author: Hanna Watriyah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23011/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23011/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23011/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hanna Watriyah, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan data dan diagram siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru dengan penerapan model pembelajaran time token untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran time token. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru, sebanyak 25 siswa dan 1 orang guru. Tindakan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran time token melalui tahap (1) guru menjelaskan tujuan pembelajaran (2) mengkondisikan kelas untuk melakukan diskusi (3) memberikan tugas kepada siswa (4) tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu kurang lebih 30 detik per kupon pada tiap siswa (5) guru meminta siswa menyerahkan kupon terlebih dahulu sebelum berbicara atau berkomentar (6) guru memberikan penilaian. Dengan menggunakan model time token dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas IV B, dari tes kemampuan awal sebesar 58,6% atau berada dalam kategori kurang. Siklus I sebesar 66% atau dalam kategori cukup, dan siklus II sebesar 76,4% atau berada dalam kategiri baik. Kemampuan pemahaman konsep siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah di tetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model time token dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Time Token, Kemampuan Pemahaman Konsep