PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK MAYANG DHARMA WANITA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU
Main Author: | SUCI APRILIA, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22875/1/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22875/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22875/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Suci Aprilia, (2019) : Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi terhadap Perkembangan Emosi Pada Anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Mayang Dharma Wanita Kec. Tampan Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan emosi pada anak di taman kanak-kanak (TK) Mayang Dharma Wanita Kec. Tampan Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak di taman kanak-kanak (TK) Mayang Dharma Wanita Kec. Tampan Pekanbaru dengan objek pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap perkembangan emosi pada anak. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 20 anak yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 23. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperiment yang diperoleh thitung = 13,892 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode demonstrasi terhadap perkembangan emosi anak. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh terhadap perkembangan emosi pada anak setelah menerapkan metode demonstrasi pada kelas eksperiment di taman kanak-kanak (TK) Mayang Dharma Wanita Kec. Tampan Pekanbaru sebesar 77,56 %.. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Perkembangan Emosi Anak