ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) SEKTOR PERTANIAN PERIODE 2011-2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) sektor pertanian tahun 2011-2015 yang dipilih dengan menggunakan metode purpose sampling. Dari hasil pengumpulan data diperoleh 35 data observasi, yaitu terdapat 7 perusahaan selama 5 tahun (2011-2015). Analisis data menggunakan data analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-f) dan koefisien determinasi (R 2 ). Hasil analisis data regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), sedangkan faktor kepemilikan saham publik berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Namun secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan saham publik berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Nilai R 2 sebesar 0,935, hal ini berarti bahwa 93,5% variasi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dapat dijelaskan oleh faktor ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan saham publik. Sedangkan sisanya 6,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Kata Kunci : Islamic Social Reporting (ISR), ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan saham publik.