Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru

Main Author: M. Syakur, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22860/1/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22860/2/GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22860/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK M. Syakur, (2019): Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Penggunaan Metode Resitasi (Variabel X) dan Keaktifan Belajar Siswa (Variabel Y). Studi ini untuk menjawab permasalahan, 1) Bagaimana penggunaan metode resitasi di Mts Darul Hikmah Pekanbaru, 2) Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Mts Darul Hikmah Pekanbaru, 3) Apakah ada Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini mengambil sampel 50 % dari jumlah populasi sebesar 128 siswa untuk dijadikan sample, yaitu sebanyak 64 siswa. Jenis penelitian ini adalah regresi untuk menjawab permasalahan pertama dan kedua peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif sedangkan untuk menjawab permasalahan yang ketiga peneliti menggunakan teknik korelasi product moment dibantu melalui program SPSS 23.0. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk angket dalam bentuk skala Likert. Berdasarkan hasil perhitungan pada variabel x (penggunaan metode resitasi) adalah 76,42. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode resitasi termasuk kategori “Baik” yaitu pada interval 61-80. Sedangkan hasil perhitungan pada variabel y (keaktifan belajar siswa) adalah 67,35. Hal ini menunjukkan keaktifan belajar siswa di pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Hikmah “Baik” yaitu pada interval 61-80. Berdasarkan teknik korelasi product moment dengan di bantu SPSS 23.0 diperoleh nilai hitung sebesar 0,540. Pada tarif signifikan 5% = 0,242. Besar persentase pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 23,2%. Sehingga dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode resitasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Hikmah Pekanbaru.