Strategi Promosi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019
Main Author: | Iis Riza Umami, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22813/1/BAB%20V%20BARU.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22813/2/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22813/ |
Daftar Isi:
- Universitas Muhammad Riau sudah berkembang pesat dilihat dari segi pembangunan dan dalam peningkatan sumber daya manusia, serta dilihat dari bertambahnya jurusan-jurusan baru yang ada di Universitas Muhammadiyah Riau. Selain itu Universitas Muhammadiyah Riau telah memiliki rumah sakit yang berlokasi dikampus utama Universitas Muhammadiyah Riau. Data jumlah mahasiswa dari tahun 2016-2018 khususnya pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Riau juga terjadi lonjakan peminat yang sangat signifikan. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori promotion mix, dimana data diperoleh melalui dua jenis sumber data yakni data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data dengan cara triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka strategi promosi yang digunakan yaitu; 1) Periklanan melalui media cetak dan media elektronik berupa media sosial dan website. 2) Promosi penjualan dengan mengadakan event tahunan dengan bermacam hadiah. 3) Personal selling merupakan cara yang dianggap paling efektif oleh pihak Fakultas karena secara langsung (tatap muka) dengan menemui sekolah-sekolah didalam dan luar kota. 4) Publisitas merupakan cara dengan memanfaatkan media untuk meliput kegiatan Fakultas yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru. Serta pemilihan media sebagai alat promosi, media massa yang digunakan yaitu: media cetak dan media elektronik. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Penerimaan Mahasiswa Baru