PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG KAMPAR
Main Author: | SETIAWATI, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22792/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22792/3/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22792/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Setiawati, (2019): Pengaruh Penerapan Metode Guided Teaching terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan metode guided teaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan pelajaran ekonomi, masih ada siswa yang tidak mencatat materi yang disampaikan guru, masih ada siswa yang mencontek ketika mengerjakan tugas, dan sebagian siswa cepat puas terhadap hasil pembelajaran yang telah diperolehnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode guided teaching pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang baik dengan persentase 70% sedangkan motivasi belajar siswa dikategorikan baik dengan persentase 78%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana yaitu rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,217<0,475>0,283) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sumbangan pengaruh metode guided teaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kampar adalah sebesar 35,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Metode Guided Teachin, Motivasi Belajar