PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru)

Main Author: YENI ANITA, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22786/1/YENI%20ANITA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22786/2/BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22786/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujua 1) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen (pada bisnis online shop: shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru) 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (pada bisnis online shop: shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru) 3) untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (pada bisnis online shop: shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru) 4) untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (pada bisnis online shop: shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru) 5) untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap jual beli online (pada bisnis online shop: shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada salah satu situs online shop yang menjual berbagai produk fasion yaitu pada shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada di Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian berjumlah 125 orang dengan teknik sampel accidental sampling yaitu dengan memilih sampel yang paling mudah diakses dan dijumpai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden dan wawancara tidak terstruktur untuk melengkapi hasil dari penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada situs online shop, Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada situs online shop dan Kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada situs online shop. Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Kosumen pada situs online shop di Kota Pekanbaru. Sedangkan dalam persfektif ekonomi Islam bisnis online dibolehkan selama tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusaknya seperti riba, kezhaliman, penipuan, kecurangan, dan sejenisnya.