PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINGINGI
Main Author: | SRI AYU WANDIRA, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22783/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22783/3/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22783/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sri Ayu Wandira, (2019) : Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 51 orang, karena populasinya tidak banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terkategori “Sangat Baik” dengan persentase 81.91% dan keaktifan belajar siswa terkategori “Baik” dengan persentase 80,31%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi. Hal ini terlihat dari rhitung > rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,279 <0,671> 0,361), sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. Besar persentase pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 45,0% sedangkan sisanya sebesar 55,0% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Mengadakan Variasi, dan Keaktifan Belajar