PENGARUH DISIPLIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 SIAK KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Main Author: Toni Irawan,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2277/1/2011_2011400.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2277/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara disiplin terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Siak. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Siak sedangkan obyeknya adalah pengaruh disiplin terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Siak berjumlah 220 orang dan diambil sampel 30% dari 220 orang berjumlah 66 orang. Penelitian ini dua variabel yaitu variabel x (disiplin) dan variabel y (motivasi belajar siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket dan dokumentasi, karena data penelitian itu bersifat data ordinal, kemudian data ordinal itu dirubah menjadi data interval, maka data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dengan rumus : b =       N. X 2 ( X) 2 N. XY - X. Y a = N  y - b. X Y = a + bX Setelah penulis melaksanakan penelitian di lapangan untuk menjawab permasalahan tersebut, ternyata tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada cukup kuat yaitu 0,440. Sedangkan Koefisiensi determinasi (R Square) adalah 0,193 Kontribusi disiplin siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 19,3% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan pengujian hipotesis alternatif (Ha) ada pengaruh yang signifikan antara disiplin terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Siak Kecamatan Tualang diterima dengan sendiri (Ho) ditolak.