Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Abdurrab Pekanbaru
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI ) di perguruan tinggi umum. Fakta tentang pelaksanaan pembelajaran PAI di perguruan tinggi, khususnya di perguruan tinggi umum menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyusunan rencana perkuliahan, pelaksanaan pembelajaran yang tidak efektif, dan evaluasi pembelajaran yang mengabaikan prinsip evaluasi itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan melibatkan instrumen wawancara mendalam terhadap dosen PAI Universitas Abdurrab, observasi langsung dan dokumentasi. Penulis kemudian menemukan bahwa dosen PAI Universitas Abdurrab sudah melakukan perencanaan diantaranya dengan menyusun RPS dan mempersiapkan buku ajar, namun belum melengkapi semua unsur perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sudah melibatkan lebih dari satu metode pembelajaran, namun belum memenuhi karakteristik proses pembelajaran di perguruan tinggi. Sementara itu evaluasi yang dilakukan sudah menyasar kepada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, namun mayoritas dosen PAI Universitas Abdurrab masih belum tepat dalam menyusun instrumen penilaian. Oleh karena itu dosen PAI perlu menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang memenuhi standar, menerapkan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran di perguruan tinggi dan memanfaatkan instrumen evaluasi yang tepat demi efektifitas pembelajaran PAI di Universitas Abdurrab Pekanbaru. Kata kunci : efektifitas, mata kuliah Pendidikan Agama Islam, perguruan tinggi