PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VI.A SDN 001 KEMPAS JAYA KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Main Author: | Zulya Putriani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2270/1/2011_2011332.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2270/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas VI.A SDN 001 Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti; 1) Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran 2) Dalam proses pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam, bahkan ada yang tidur pada saat pembelajaran berlangsung 3) Dari 26 orang siswa 13 orang (50%) kurang bergairah dalam belajar dan hanya 13 orang (50%) siswa yang tergolong aktif dan mau bertanya kepada guru saat proses pembelajaran di kelas, 4) Faktor lain yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa adalah kurangnya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga siswa tidak dapat belajar dengan baik. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Contract dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Hari Akhir pada siswa kelas VI.A SDN 001 Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tahapan: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai jumlah skor 399 (51%), angka ini berada pada kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan jumlah skor sebanyak 499 (64%) angka ini berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perolehan jumlah skor 638 (82%), angka ini berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Contract dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Iman Kepada Hari Akhir pada kelas VI.A SDN 001 Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir.