Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa MA Ummathan Wasathan Pekanbaru

Main Author: Umi Afifah Fauziyyah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22694/1/16.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22694/2/gabungan.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22694/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Umi Afifah Fauziyyah, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa MA Ummathan Wasathan Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa MA Ummathan Wasathan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-Mia 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X-Mia 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 48 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan Self Regulated Learning siswa MA Ummathan Wasathan Pekanbaru, namun tidak terdapat pengaruh interaksi dari pembelajaran dengan Self Regulated Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan komunikasi Matematis, Self Regulated Learning, Quasi Eksperimen, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV).