Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik berdasarkan Self Efficacy Peserta didik SMP/MTs Pekanbaru

Main Author: Karlina, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22676/1/BAB%20IV%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22676/2/SKRIPSI%20KARLINA%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22676/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang diterapkan model Quantum Learning dengan peserta didik yang diterapkan pembelajaran tanpa model Quantum Learning. 2) Ada atau tidaknya interaksi antara model Quantum Learning dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Islam Abdurrab Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.C sebagai kelas kontrol dan VII.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang diterapkan model Quantum Learning dengan peserta didik yang diterapkan pembelajaran tanpa model Quantum Learning. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy